KHUTBAH JUMAT DUA BAHASA (JAWA-INDONESIA): Durasi Shalat Nabi
12 December 2022 § Leave a comment
الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين
أشهد أن لا إله إلا الله الملك الحق المبين
وأشهد أن محمدا رسول الله صادق الوعد الأمين
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين ومن تبعهم بإحسان إلي يوم الدين
أما بعد
فيا أيها الحاضرون اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون
وقال الله تعالى: وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ (البقرة: 45)
Hadirin jamaah shalat Jumah, rahimakumullah …
Kanjeng Nabi Muhammad menika tiyang ingkang remen sanget shalat. Lan, kagem Kanjeng Nabi, shalat sampun dados amalan ingkang ngremenaken sanget.
وَجُعِلَتْ قُرَّةُ عَيْنِي فِي الصَّلَاةِ (رواه المسائي
Mila , bilih sampun shalat, utaminipun shalat tahajud, Nabi kadosipun mboten purun mendel. Shalat penjenenganipun dangu sanget. Sangkin dangune, sukue panjenenganipun dumugi pecah-pecah, kapalen.
حتى تتفطر قدماه
Mekaten tembunge, Siti Aisyah, garwa Kanjeng Nabi.
Shalat ingkang damel suku pecah-pecah, kapalen, menika mesthi shalat ingkang dipuntindakaken mung sepisan rongpisan. Mesthi shalat ingkang dangu sanget lan dipuntindakaken kaliyan istikamah. Saben dalu kaliyan terusan-menerus.
Nah, pinten dangunipun durasi shalat Nabi? Kados pundi gambaran dangunipun shalat Nabi?
Khudzaifah bin Yaman, salah setunggaling sahabat Nabi, ngeriwayataken, setunggaling dalu, piyambakipun tumut shalat tahajud sareng Nabi. Dados makmum nabi.
Khudzaifah ceriyos, wonten rakaat pertami, Kanjeng Nabi waos surah al-Baqarah, jangkep. Kanjeng Nabi maosipun kaliyan tartil.
Panjang surah al-Baqarah menika nyaketi kalih setengah juz. Kalih setengah juz menika, menawi dipunwaos kaliyan tartil, kinten-kinten butuh waktu satu setengah jam.
Dados, rakaat pertama shalat Kanjeng Nabi menika kinten-kinten satu jam setengah.
Sementara, wonten rakaat kaping kalih, Kanjeng Nabi waos surah al-Nisa lan Alu Imran. Gabungan al-Nisa lan Alu Imran menika langkung dowo ketimbang al-Baqarah. Bilih dipun waos, tentu langkung dangu katimbang al-Baqarah.
Dados, rakaat kaping kalih shalatipun Kanjeng Nabi menika langkung dangu katimbang rakaat pertami. Bilih durasi rakaat pertami sekitar satu setengah jam mila rakaat kaping kalih langkung dangu.
Dengan demikian, kalih rakaat shalatipun Kanjeng Nabi menika lebih dari tiga jam.
Sa’dangu menika shalatipun Kanjeng Nabi.
Mila, wajar, sukuipun Kanjeng Nabi dados pecah-pecah amargi sangkin dangune shalate panjenenganipun. Dados kapalen.
Shalat ingkang damel suku kapalen mesthi sanes shalat ingkang dipun tindakaken semalam dua malam. Mesthi setiap malam. Lan durasi shalatipun mesthi mboten sekedhap. Mesthi berjam-jam. Sampai-sampai, shabat sanesipun Nabi, Ibnu Mas’ud ingkang ugi nate dados jamaah shalat tahajud Kanjeng Nabi, ngaturaken bilih piyambakipun gelisah piyambak nderek jamaah shalatipun Kanjeng Nabi. Meh nyerah amargi mboten kiyat ndereki shalatpun Kanjeng Nabi ingkang dangu sanget.
Hadirin, rahimakumullah …
Mekatenlah kanjeng Nabi Muhammad lan kegemaranipun nindakaken shalat. Sanes mung shalat tahajud ingkang panjenenganipun remeni. Panjenenganipun tansah shalat bilih menghadapi persoalan ingkang penting lan berat
. كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا حَزَبَهُ أَمْرٌ صَلَّى. (رواه أبو داود. حديث حسن)
Sekelas Kanjeng Nabi nggih tetep nggadahi masalah ingkang kedah dipun hadapi. Lan ing antawis cara Kanjeng Nabi menghadapi masalah inggih menika kaliyan shalat.
Shalat estu mboten otomatis menghilangkan masalah. Masalah mboten otomatis selesai namung dening shalat. Masalah tetep kedah dipun hadapi kaliyan rasional. Nanging, kita, umat islam, sanes semata makhluk rasional. Kita inggih menika makhluk rasional sekaligus makhluk spiritual.
Kita menika makhluk ingkang nggadhahi unsur lahiriah sekaligus unsur batiniah. Mila, nalika masalah dugi, kita hadapi masalaj menika kaliyan rasional sekaligus spiritual; kaliyan lahiriah sekaligus batiniah.
Lan cara menghadapi masalah kaliyan cara spiritual utawi batiniah, sesuai ingkang dipun wucal kaliyan Kanjeng Nabi, inggih menika kaliyan shalat. Melalui wasilah shalat, kita nyuwun petunjuk dhateng Gusti Allah kangge menghadapi masalah; nyuwun kekuatan dhateng Gusti Allah kangge menghadapi masalah. Sebab, sebesar apa pun masalah kita, wonten ngersani Gusti Allah tetep alit. Remeh.
Shalat inggih menika cara spiritual utawi batiniah paling sae kangge menghadapi masalah, baik masalah pribadi, masalah keluwargi, masalah kaliyan tiyang sanes, masalah pekerjaan, lan sanes-sanesipun.
Nah, cara Kanjeng Nabi menghadapi masalah melalui wasilah shalat menika selaras kaliyan dawuhipun Gusti Allah
وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ (البقرة: 45)
“Nyuwun pitulung, panjenengan sedaya, dhateng Gusti Allah melalui sabar lan shalat. “
Sabar inggih menika upaya lahiriah menghadapi masalah. Shalat inggih menika upaya batiniah menghadapi masalah. Upaya lahiriah lan batiniah kedah dipun tindakaken sesarengan dalam menghadapi masalah, terutama masalah duniawi.
Mugi-mugi kita DIPUN PARINGI kekuatan dening Gusti Allah kangge nindakaken kewajiban shalat fardu saha kewajiban-kewajiban sanes. Ugi kekuatan kangge menghadapi urusan-urusan duniawi. Amin, ya Rabbal alamain.
بارك الله لي ولكم ونفعنى وإياكم من الآيات والذكر الحكيم والحمد لله رب العالمين.
Khutbah 2
الحمد لله. والصلاة والسلام على رسول الله. وعلى آله ومن والاه. ولا حول ولا قوة إلا بالله .
أمَّا بعدُ، فيا عباد الله، اتقوا الله حق التقوى. قد قال الله تعالى: وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجاً (الطلاق:2)
واعلموا أن يومكم هذا يوم عظيم. قال رسول الله صلىى الله عليه وسلم: إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ : فِيهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيهِ قُبِضَ، وَفِيهِ النَّفْخَةُ، وَفِيهِ الصَّعْقَةُ ؛ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلَاةِ فِيهِ ؛ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ –رواه أبو داود
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ.
اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، عن بَلَدِنَا إندونسيا خَاصَّةً وَمِنْ سائر البلدان عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
عِبَادَ اللهِ، (إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ (وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ والله يعلم ما تصنعون).
BAHASA INDOESIA
Hadirin jamaah shalat Jumat, rahimakumullah…
Kanjeng Nabi itu orang yang senang sekali shalat. Dan, bagi Nabi, shalat sudah menjadi amalan yang sangat menyenangkan.
وَجُعِلَتْ قُرَّةُ عَيْنِي فِي الصَّلَاةِ (رواه المسائي)
Sehingga, jika sudah shalat, terutama shalat tahajud, Nabi seolah tidak mau berhenti. Shalat beliau lama sekali. Saking lamanya, kaki beliau sampai pecah-pecah, kapalen.
حتى تتفطر قدماه
Demikian kata, Siti Aisyah, istri Kanjeng Nabi
Shalat yang bikin kaki pecah-pecah, kapalen, itu pasti bukan shalat yang dilakukan sekali dua kali. Pasti shalat yang lama dan dilakukan secara istikamah. Setiap malam, secara terus-menerus.
Nah, berapa lama durasi shalat Nabi? Seperti apa gambaran lamanya shalat Nabi?
Khudzaifah bin Yaman, salah seorang sahabat Nabi, meriwayatkan, suatu malam, ia ikut shalat tahajud bersama Nabi. Menjadi makmum Nabi.
Khudzaifah cerita, di rakaat pertama, Nabi baca surah al-Baqarah lengkap. Nabi membacanya secara tartil.
Panjang surah al-Baqarah ini mendekati dua setengah juz. Dua setengah juz ini, kalau dibaca secara tartil, kira-kira butuh waktu sekitar satu setengah jam.
Jadi, rakaat pertama shalat Nabi itu kira-kira satu setengah jam.
Sementara, di rakaat kedua, Nabi baca surah al-Nisa dan Alu Imran. Gabungan al-Nisa dan Alu Imran ini lebih panjang daripada al-Baqarah. Jika dibaca, tentu lebih lama ketimbang al-Baqarah.
Jadi, rakaat kedua shalat Nabi ini lebih lama ketimbang rakaat pertama. Jika durasi rakaat pertama sekitar satu setengah jam maka rakaat kedua lebih lama.
Dengan demikian, dua rakaat shalat Nabi itu lebih dari tiga jam.
Menurut penuturan Khudzaifah bin Yaman, lamanya durasi shalat Nabi tidak hanya saat berdiri saja, tapi juga saat rukuk, i’tidal, dan sujud.
Selama itu shalat Nabi.
Maka, wajar. Kaki Nabi jadi pecah-pecah karena saking lamanya shalat beliau. Jadi kapalen.
Shalat yang bikin kaki kapalen pasti bukan shalat yang dilakukan semalam dua malam. Pasti setiap malam. Dan durasi shalatnya pasti tidak sebentar. Pasti berjam-jam.
Sampai-sampai, sahabat lain, Ibnu Mas’ud yang juga pernah jadi jamaah shalat tahajud Nabi, menuturkan, dia gelisah sendiri ikut jamaah shalat Nabi. Hampir menyerah karena tidak kuat mengikuti shalat Nabi yang sangat lama.
Hadirin, rahimakumullah…
Begitulah Kanjeng Nabi Muhammad dan kegemarannya melaksanakan shalat. Bukan cuma shalat tahajud yang beliau senangi. Beliau selalu shalat jika menghadapi persoalan penting yang dirasa berat.
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا حَزَبَهُ أَمْرٌ صَلَّى. (رواه أبو داود. حديث حسن)
Sekelas Kanjeng Nabi ya tetap punya masalah yang mesti dihadapi. Dan di antara cara Nabi menghadapi masalah adalah dengan shalat.
Shalat memang tidak otomatis mengatasi masalah. Masalah tidak otomatis selesai hanya oleh shalat. Masalah tetap mesti dihadapi secara rasional. Tetapi, kita, umat Islam, bukan semata makhluk rasional. Kita, umat Islam, adalah makhluk rasional sekaligus makhluk spiritual. Kita adalah makhluk yang memiliki unsur lahiriah sekaligus unsur batiniah.
Maka, ketika masalah datang, kita hadapi secara rasional sekaligus spiritual, secara lahiriah sekaligus batiniah. Dan cara menghadapi masalah dengan cara spiritual atau batiniah, sesuai yang diajarkan Kanjeng Nabi, adalah dengan shalat. Melalui wasilah shalat, kita memohon petunjuk kepada Allah untuk menyelesaikan masalah; memohon kekuatan kepada Allah untuk menghadapi masalah. Sebab, sebesar apa pun masalah kita, di hadapan Allah tetap kecil. Tidak ada apa-apanya.
Shalat adalah cara batiniah paling baik untuk menghadapi masalah, baik masalah pribadi, masalah keluarga, masalah dengan orang lain, masalah pekerjaan, dan lain-lain.
Nah, cara Nabi menghadapi masalah melalui wasilah shalat itu selaras dengan firman Allah
وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ (البقرة: 45)
“Mohonlah pertolongan (kepada Allah) melalui sabar dan shalat.”
Sabar adalah upaya lahiriah menghadapi persoalan. Shalat adalah upaya batiniah menghadap persoalan. Upaya lahiriah dan batiniah mesti dilakukan secara bersamaan dalam menghadapi persoalan.
Semoga kita diberi kekuatan oleh Allah untuk menjalankan dan memperbaiki kewajiban shalat fardu serta kewajiban-kewajiban lain. Juga kekuatan untuk menghadapi urusan-urusan duniawi. Amin, ya Rabbal alamain.
Leave a Reply