KHUTBAH JUMAT DUA BAHASA (JAWA-INDONESIA): Dua Peristiwa dalam Bulan Rajab

2 March 2023 § Leave a comment


الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين

أشهد أن لا إله إلا الله الملك الحق المبين 

وأشهد أن محمدا رسول الله صادق الوعد الأمين

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين ومن تبعهم بإحسان إلي يوم الدين 

أما بعد 

فيا أيها الحاضرون اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون 

وقال الله تعالى: سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ (الإسراء: 1)

Hadirin Jamaah Jumat rahimakumullah

Wekdal menika kita taksih wonten wonten ing wulan Rajab.

Wonten pinten-pinten peristiwa penting ing wulan Rajab menika, baik dalam konteks keislaman utawi keindonesiaan.

Dalam konteks keindonesiaan, Rajab inggih menika wulan  kelahiran organisasi Islam paling ageng wonten Indonesia, inggih menika Nahdlatul Ulama. NU.

NU lahir tanggal 16 Rajab tahun 1344 H. Dados, leres ing wulan Rajab niki, NU jangkep umur satus tahun utawi sak abad. Ingkang kala wingi peringatanipun dipun rayaaken wonten Sidoarjo.

Kita dongakaken, mugi-mugi NU tetep saged mbekta berkah kangge umat lan bangsa.

Sebab, bagaimanapun juga, sedikit-banyak, NU gadhah peran dalam keislaman kita ingkang kita terima saking pesantren-pesantren NU, kiai-kiai, lan ustad-ustad ingkang sinau wonten pesantren-pesantren NU.

Hadirin Jamaah rahimakumullah …

Menika kaitan wulan Rajab kaliyan keindonesiaan.

Dene dalam konteks keislaman, ing wulan Rajab menika wonten peristiwa ageng lan penting dalam sejarah Islam, inggih menika Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad shallallahu a’alaihi wasallam.

Wonten kalender, Isra’ Mi’raj dipun tetepaken tanggal 27 Rajab. Dening pemerintah, dinten menika dipun dadosaken tanggal merah lan hari libur.

Isra’ Mi’raj inggih menika perjalanan Nabi Muhammad saking Masjidil Haram tumuju Masjidil Aqsha utawi Baitul Maqdis. lajeng, dipun lanjutakane kaliyan perjalanan dhateng langit. Langit pertama ngantos langit ketujuh. Wonten langit menika, Kanjeng Nabi kepanggih kaliyan para nabi. Nabi Adam, Nabi Yahya, Nabi Yusuf, Nabi Idris, Nabi Harun, Nabi Musa, lan Nabi Ibrahim.

Setelah sowan dhateng para nabi, Nabi Muhammad tumuju Sidratul Muntaha. Sidratil Muntaha menika gambaran tempat terakhir ingkang mboten terjangkau oleh satu makhluk pun, kejawi Nabi Muhammad. Namung nabi ingkang gadhah keistimewaan saged dugi wonten Sidratul Muntaha.

Wonten Sidratul Muntaha, Kanjeng Nabi nampi wahyu perintah shalat lima waktu.

Riwayatipun masyhur. Awalipun, perintah shalat menika lima puluh waktu.

Bayangake mawon, 50 waktu shalat. Sementara, kita namung gadhah wekdal 24 jam dalam sehari semalam. Upami 50 menika dipun bagi 24, berarti, dalam setiap jam, kita kedah ngerjakaken kalih wekdal shalat.

Saged menapa kita bilih saben jam kedah shalat dua kali?! Wekdal kita bakal telas namung kangge shalat. Mboten gadhah kathah kesempatan ngurusi urusan duniawi.

Untungipun, sak wangsul nampi wahyu shalat 50 waktu menika, Nabi Muhammad kepanggih Nabi Musa ingkang visioner. Nabi Musa nyuwun Nabi Muhammad wangsul malih manggihi Gusti Allah kangge nyuwun pengurangan waktu shalat. Amargi, Nabi Musa sumerep, lima puluh waktu shalat menika sanget-sanget abot kangge umat Nabi Muhammad.

 فارجع إلى ربك فإن أمتك لا تطيق ذلك

Nabi Muhammad sampek kaping tiga wongsal-wangsul manggihi Gusti Allah karena menuruti usulan Nabi Musa, amargi pengurangan jumlah shalat taksih sak kedhik.

Sampek nalika jumlah shalat menika dados lima waktu, kados ingkang kita kerjaaken, Nabi Muhammad rumaos cekap. Nabi Muhammad nolak usulan Nabi Musa kangge wangsul malih manggihi Gusti Allah kangge nyuwun pengurangan jumlah shalat malih. Nabi Muhammad isin.

Mosok, sampun dipun sukani lima waktu shalat, saking awalipun lima puluh waktu shalat, taksih nyuwun dipun kurangi malih.

Mila, riwayat penetapan shalat menika mugi-mugi saged dados pengingat kita menawi shalat gangsal wekdal menika sampun angsal keringanan saking Gusti Allah. Dados, bilih kita taksih  merasa berat nindakaken shalat lima waktu, kita kedah isin kaliyan diri sendiri, kaliyan Rasulullah, lan isin kaliyan Gusti Allah. Sampun dipun sukani shalat wajib ingkang jumlahipun sakedhik mawon, mosok kita taksih abot. Menapa malih mboten nindakaken babar pisan. naudzubillah min dzalik.

Hadirin rahimakumullah

Selain wahyu perintah shalat menika, saking Isra’ Mi’raj, Nabi Muhammad ugi nampi wahyu sanesipun.

Inggih menika, pertama, Nabi nampi ayat-ayat akhir surah al-Baqarah. Ayat lillahi ma fis-samawati wa ma fil ardh … sampai akhir. Ayat kados Ingkang lumrah kita waos ing tahlilan.

Ingkang kaping kalih, Nabi angsal maklumat menawi dosa-dosa besar saged dipun ampuni kangge tiyang ingkang mboten musyrik. Sak kathah lan sak ageng menapa dosa kita, selama mau bertobat, Gusti Allah akan mengampuni.

بارك الله لي ولكم ونفعنى وإياكم من الآيات والذكر الحكيم والحمد لله رب العالمين.

KHUTBAH 2

الحمد لله. والصلاة والسلام على رسول الله. وعلى آله ومن والاه. ولا حول ولا قوة إلا بالله .

أمَّا بعدُ، فيا عباد الله، اتقوا الله حق التقوى. قد قال الله تعالى: وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجاً (الطلاق:2)

واعلموا أن يومكم هذا يوم عظيم. قال رسول الله صلىى الله عليه وسلم: إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ : فِيهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيهِ قُبِضَ، وَفِيهِ النَّفْخَةُ، وَفِيهِ الصَّعْقَةُ ؛ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلَاةِ فِيهِ ؛ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ –رواه أبو داود 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. 

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ. 

اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، عن بَلَدِنَا إندونسيا خَاصَّةً وَمِنْ سائر البلدان عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

عِبَادَ اللهِ، (إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ). فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ (وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ والله يعلم ما تصنعون)


BAHASA INDONESIA

Hadirin Jamaah Jumat rahimakumullah …

Saat ini kita masih di berada di bulan Rajab.

Ada beberapa hal dan peristiwa penting dalam bulan Rajab ini, baik dalam konteks keislaman maupun keindonesiaan.

Dalam konteks keindonesiaan, Rajab merupakan bulan kelahiran organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama. NU lahir pada tanggal 16 Rajab tahun 1344 H. Jadi, tepat pada bulan ini, NU genap berusia seratus tahun atau satu abad, yang beberapa waktu lalu peringatannya dirayakan di Sidoarjo.

NU bisa bertahan selama itu, di antaranya berkat dua faktor: faktor jamiyah atau struktural dan faktor jamaah atau kultural.

Jam’iyyah atau struktural adalah para pengurus yang berperan dalam menjalankan dan menghidupkan NU secara organisasi, mulai dari pengurus besar, pengurus wilayah, pengurus cabang, majelis wakil cabang, pengurus ranting, sampai yang paling bawah yaitu pengurus anak ranting. Maupun badan-badan otonom yang ada di lingkungan NU.

Sedangkan jamaah atau kultural adalah orang-orang atau kelompok atau lembaga yang menghidupkan ke-NU-an di masyarakat, seperti pesantren, kelompok pengajian, kelompok tahlil, dan lain-lain. Jamaah atau kultural ini seperti kita yang menghidupkan NU melalui tradisi ke-NU-an, seperti tahlilan, istighatsah, muludan, peringatan Isra’ Mi’raj, Nishfu Say’ban, dan lain-lain. Jadi, sebenarnya, sedikit-banyak, kita telah ikut berperan dalam menghidupkan NU.

Kita doakan semoga NU tetap bisa membawa berkah untuk umat dan bangsa.

Sebab, bagaimanapun juga, sedikit-banyak, NU punya peran dalam pengetahuan dan praktik keislaman yang kita dapatkan dari pesantren-pesantren NU, kiai-kiai, dan dan ustad-ustad yang belajar di pesantren-pesantren NU.

Hadirin Jamaah rahimakumullah …

Itu tadi kaitan bulan Rajab dengan keindonesiaan.

Sedangkan dalam konteks keislaman, dalam bulan Rajab ini ada peristiwa besar dan penting dalam sejarah Islam, yaitu Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad shallallahu a’alaihi wasallam.

Isra’ Mi’raj ditetapkan tanggal 27 Rajab. Oleh pemerintah, hari tersebut dijadikan tanggal merah dan hari libur untuk para pekerja dalam rangka peringatan Isra’ Mi’raj.

Isra’ Mi’raj perjalanan horizontal Nabi Muhammad dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsha atau Baitul Maqdis. Lalu, dilanjutkan dengan perjalanan vertikal ke langit. Langit pertama hingga langit ketujuh. Bertemu dengan para Nabi sebelumnya. Nabi Adam, Nabi Yahya, Nabi Yusuf, Nabi Idris, Nabi Harun, Nabi Musa, dan Nabi Ibrahim.

Selesai sowan kepada para nabi terdahulu itu, Nabi Muhammad menuju Sidratul Muntaha. Sidratil Muntaha adalah gambaran “tempat terakhir” yang tidak terjangkau oleh satu makhluk pun, kecuali Nabi Muhammad. Hanya Nabi yang punya keistimewaan bisa sampai di Sidratul Muntaha.

Di Sidratul Muntaha itu, Nabi menerima wahyu berupa perintah shalat lima waktu.

Riwayatnya masyhur. Pada awalnya adalah perintah shalat lima puluh waktu.

Bayangkan saja, 50 waktu shalat. Sementara, kita hanya punya waktu 24 jam dalam sehari semalam. Andai 50 itu dibagi 24, berarti, dalam setiap jam, kita mesti mengerjakan sekitar dua waktu shalat.

Bisa apa kita jika setiap jam mesti shalat?!

Beruntung dan berkah. Sepulang menerima wahyu shalat 50 waktu itu, Nabi Muhammad bertemu Nabi Musa yang visioner. Nabi Musa meminta Nabi Muhammad kembali lagi menemui Allah untuk minta potongan jumlah waktu shalat. Sebab, Nabi Musa melihat, lima puluh waktu shalat itu terlalu berat untuk umat Nabi Muhammad.

فارجع إلى ربك فإن أمتك لا تطيق ذلك

Nabi Muhammad sampai tiga kali bolak-balik menemui Allah atas anjuran Nabi Musa, sebab potongan jumlah shalat masih terlalu sedikit.

Sampai ketika jumlah shalat itu menjadi lima waktu, seperti yang kita kerjakan sekarang ini, Nabi Muhammad merasa cukup. Nabi Muhammad menolak usulan Nabi Musa untuk kembali minta potongan jumlah shalat. Nabi malu. Masak, sudah dikasih lima waktu, dari awalnya lima puluh, masih minta dikurangi juga.

Maka, hadirin rahimakumullah … kisah penetapan shalat lima waktu tersebut bisa jadi pengingat kita bahwa shalat lima waktu itu sudah merupakan keringanan. Jika kita masih merasa berat dan malas menjalankan shalat lima waktu, kita mesti malu kepada diri sendiri, kepada Rasulullah, dan kepada Allah. Sudah diberi waktu shalat wajib yang jumlahnya sedikit saja, masak kita masih berat dan malas. Apalagi sampai tidak menjalankan sama sekali. Naudzubillah min dzalik.

Hadirin rahimakumullah

Selain wahyu perintah shalat, dari Isra’ Mi’raj, Nabi Muhammad juga menerima wahyu lain.

Yang pertama, Nabi menerima ayat-ayat akhir surah al-Baqarah. Ayat lillahi ma fis-samawati wa ma fil ardh … sampai akhir. Ayat yang biasa kita baca dalam tahlilan. Yang kedua, Nabi menerima maklumat bahwa dosa-dosa besar bisa diampuni untuk orang yang tidak musyrik. Sebanyak dan sebesar apa pun dosa kita, Allah akan mengampuni jika kita mau bertobat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading KHUTBAH JUMAT DUA BAHASA (JAWA-INDONESIA): Dua Peristiwa dalam Bulan Rajab at Warung Nalar.

meta

%d bloggers like this: